Sidang Isbat Hari Raya Idul Adha

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hai Sobat PAIS FOUNDATION
Sebentar lagi Umat Muslim sedunia akan merayakan hari Raya Idul Adha.

Tapi, Sudah tahu kah sobat Idul Adha jatuh pada tanggal berapa?

“Secara mufakat, 1 Zulhijah 1443 Hijriah jatuh pada Jumat tanggal 1 Juli 2022 Masehi,” ujar Wakil Menteri Agama yang dikutip Pikiran Rakyat Depok melalui Antara. Dengan demikian, tanggal 10 Zulhijah 1443 Hijriah atau lebaran Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Juli 2022.

Rabu, 29 Juni 2022, pemerintah telah mengadakan konferensi pers terkait Sidang Isbat penetapan 1 Zulhijah dan Hari Raya Idul Adha 2022.

Berdasarkan hasil Sidang Isbat yang melibatkan sejumlah unsur masyarakat, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi resmi menetapkan 1 Zulhijah 1443 Hijriah jatuh pada tanggal 1 Juli 2022.

Wamenag mengungkapkan bahwa keputusan diambil atas dasar pertimbangan hasil hisab dan rukyatul hilal di 86 titik di 34 provinsi, dan hasil pengamatannya dinyatakan tidak ada satupun yang melihat hilal.

Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama melaporkan, jika ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia pada posisi 0 derajat 52 menit sampai dengan 3 derajat 13 menit dengan sudut elongasi 4,27 derajat hingga 4,97 derajat.

Hasil tersebut tidak memenuhi MABIMS, yang mana harus berada pada minimum 6,4 derajat dan fisis gangguan cahaya senja (syafak) yang dinyatakan dengan parameter minimum 3 derajat.

“Hisab sudah di atas ufuk, tapi belum memenuhi imkanul rukyat MABIMS serta laporan hilal juga tidak terlihat,” kata Zainut.

Dengan ditetapkannya Idul Adha 2022 pada tanggal 10 Zulhijah, maka lebaran tahun ini terdapat perbedaan dengan keputusan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang tertuang dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H.

Sebelumnya, Muhammadiyah telah menetapkan Idul Adha 2022 jatuh pada tanggal 9 Juli 2022, berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah 1443 Hijriah beserta Hari Arafah dan Iduladha dalam Maklumat nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab, Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti kembali menjelaskan mengenai penetapan 1 Dzulhijjah dan Iduladha 2022.

Adapun 1 Dzulhijjah 1443 H jatuh pada tanggal 30 Juni 2022, sedangkan Iduladha 2022 versi Muhammadiyah jatuh pada tanggal 9 Juli 2022.

“Perhitungan tersebut Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan bahwa 1 Zulhijah jatuh pada hari Kamis, tanggal 30 Juni 2022,” jelas Abdul Mu’ti.

Mengacu pada metode tersebut, dengan hasil bahwa posisi bulan di Indonesia sudah di atas ufuk pada Rabu sore. Artinya kriteria Wujudul Hilal sudah terpenuhi.

Dengan menggunakan dua metode hilal yaitu hisab (perhitungan) dan rukyah (melihat langsung), Zainut menyampaikan bahwa, kedua perhitungan ini sama penting dan saling melengkapi satu dengan lainnya.

ARTIKEL LAINNYA

ikhlas

Bersedekah dan Ikhlas

Ikhlas bukanlah suatu perkara yang mudah. Begitu sulitnya bagi kita untuk mencapai level hati tersebut sehingga dapat dikatakan bahwa hampir tak ada manusia yang benar

Read More »
utsman bin affan

Mengenal Sosok Utsman Bin Affan

Utsman Bin Affan – Nabi Muhammad SAW adalah sosok manusia yang paling dicintai oleh seluruh umatnya namun tidak hanya dikalangan umatnya saja keluarga dan para sahabatnya

Read More »
Bodoh

BETAPA BODOHNYA KITA

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Sobat PAIS FOUNDATION yang dirahmati Allah SWT. Kita mengetahui bahwa Sholat Sunnah dua raka’at sebelum Subuh lebih mulia daripada dunia dan isinya.

Read More »
sedekah

SEDEKAH TAK HANYA SEKEDAR RUPIAH

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhSobat PAIS FOUNDATION yang dirahmati Allah SWT Sedekah tidak harus berupa ‎harta atau uang. Ada sedekah yang sangat mudah untuk kita lakukan, tanpa

Read More »