Hari Susu Sedunia 1 Juni 2022:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tahukah kamu pentingnya Susu hingga ditetapkan sebagai Hari Susu sedunia?

Momentum 1 Juni tidak hanya diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila saja, namun juga diperingati sebagai Hari Anak Internasional dan Hari Susu Sedunia.

Hari Susu Sedunia atau World Milk Day diperingati oleh banyak negara di dunia dan dirayakan secara menyeluruh.

Hari Susu Sedunia menjadikan seluruh lapisan masyarakat turut serta terlibat dan berpartisipasi di sektor susu serta dilakukan perayaan setiap tahunnya.

dari laman worldmilkday.org, Hari Susu Sedunia atau World Milk Day pertama kali didirikan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2001.

Hari Susu Sedunia diciptakan untuk mengakui pentingnya susu sebagai makanan global. Selain itu, juga bertujuan untuk merayakan sektor susu.

Manfaat dan produksi susu telah dipromosikan secara aktif di seluruh dunia sejak saat itu. Produk susu juga mampu mendukung mendukung mata pencaharian satu miliar orang.

Sementara itu melansir dari healthline.com berikut ini diantaranya manfaat susu untuk kesehatan:

  1. Mengontrol Nafsu Makan

Sebuah studi tahun 2013 menunjukkan bahwa meminum susu dapat membantu orang merasa lebih kenyang dan dapat mengurangi jumlah lemak dalam tubuh dari makanan yang dimakan secara keseluruhan. Sehingga meminum susu dapat menekan nafsu makan.

Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi susu dikaitkan dengan berat badan yang lebih rendah dan dapat mencegah penambahan berat badan.

  1. Perkembangan Tulang

Mengkonsumsi susu dapat membantu dalam meningkatkan berat badan anak-anak serta kepadatan tulangnya.

Selain itu, menurut studi tahun 2016, susu juga dapat mengurangi risiko patah tulang pada masa pertumbuhan anak-anak.

Berdasarkan penelitian, wanita hamil yang makanannya mengandung banyak susu dan kaya kalsium dapat membantu pertumbuhan dan massa tulang yang lebih baik pada janin.

Susu juga mengandung protein yang diperlukan tubuh dalam memelihara tulang dan otot.

  1. Kesehatan Tulang dan Gigi

Meminum satu gelas susu sama dengan 30 persen kebutuhan kalsium harian orang dewasa. Kandungan mineral yang ada pada susu penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, susu juga mengandung potasium dan magnesium

Dalam sebagian produk susu juga telah menambahkan vitamin D, yang mana vitaminn D memiliki peran yang penting bagi tubuh. Salah satunya yaitu meningkatkan penyerapan kalsium dan mineralisasi tulang.

  1. Mencegah Diabetes

Diabetes dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan ginjal. Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi.

Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum susu dapat membantu mencegah penyakit diabetes pada orang dewasa. Hal tersebut dapat disebabkan karena kandungan protein yang ada di dalam susu dapat meningkatkan keseimbangan kadar gula darah.

Meminum satu gelas susu sama dengan 30 persen kebutuhan kalsium harian orang dewasa. Kandungan mineral yang ada pada susu penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, susu juga mengandung potasium dan magnesium

Dalam sebagian produk susu juga telah menambahkan vitamin D, yang mana vitaminn D memiliki peran yang penting bagi tubuh. Salah satunya yaitu meningkatkan penyerapan kalsium dan mineralisasi tulang.

  1. Kesehatan Jantung

Kandungan lemak pada susu dapat membantu meningkatkan kadar HDL yang baik, sehingga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, susu merupakan sumber potasium yang baik bagi tubuh. Kandungan mineral tersebut dapat membantu mengatur tekanan darah.

PAIS FOUNDATION

ARTIKEL LAINNYA

ikhlas

Bersedekah dan Ikhlas

Ikhlas bukanlah suatu perkara yang mudah. Begitu sulitnya bagi kita untuk mencapai level hati tersebut sehingga dapat dikatakan bahwa hampir tak ada manusia yang benar

Read More »
utsman bin affan

Mengenal Sosok Utsman Bin Affan

Utsman Bin Affan – Nabi Muhammad SAW adalah sosok manusia yang paling dicintai oleh seluruh umatnya namun tidak hanya dikalangan umatnya saja keluarga dan para sahabatnya

Read More »
Bodoh

BETAPA BODOHNYA KITA

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Sobat PAIS FOUNDATION yang dirahmati Allah SWT. Kita mengetahui bahwa Sholat Sunnah dua raka’at sebelum Subuh lebih mulia daripada dunia dan isinya.

Read More »
sedekah

SEDEKAH TAK HANYA SEKEDAR RUPIAH

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhSobat PAIS FOUNDATION yang dirahmati Allah SWT Sedekah tidak harus berupa ‎harta atau uang. Ada sedekah yang sangat mudah untuk kita lakukan, tanpa

Read More »