Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

Hai Sobat PAIS FOUNDATION apa kabar? Semoga kita semua dalam keadaan sehat paripurna aamiin…

Wahai Sobat, jika kamu merasa diri penuh dengan kelemahan, ketahuilah bahwa kelemahan itu istimewa jika kamu pandai mengolahnya.

Ada kisah menarik dibawah ini yang bisa memberi inspirasi untuk kita, dan semoga bisa menjadi berkah untuk kita semua.

Seorang lelaki memancing perhatian seekor burung dengan sepotong makanan kecil. Pancingan itu berhasil, si burung terbang mendekati makanan tersebut dan ketika posisinya sudah cukup dekat, lelaki itu dengan cekatan memfoto si burung dengan kamera ponselnya.

Saat ia melihat kembali hasil jepretan fotonya, rupanya burung kecil yang sedang terbang itu juga memantulkan bayangan cermin di kaca spion. Namun yang mengejutkan adalah, posisi bayangan si burung berbeda dengan posisi sebenarnya!

Seolah-olah bayangan di cermin itu bergerak sendiri, padahal sudah jelas ia hanya pantulan dari aslinya. Satu burung yang sama, namun memperlihatkan dua posisi yang berbeda. Benar-benar sebuah misteri!

Fenomena ini sebenarnya dapat dijelaskan secara ilmiah. Inilah yang disebut sebagai efek rana bergulir (rolling shutter effect) dari sebuah kamera.

Sederhananya begini, ketika kamera menangkap gambar (rana), cara kerjanya adalah dengan merekam rana tersebut sedikit demi sedikit dari posisi paling atas frame kemudian bergulir terus hingga posisi yang paling bawah frame. Kita tidak menyadari cara kerja ini karena memang terjadi dengan sangat cepat. Bisa mencapai 60 frame per detik.

Hal ini menimbulkan kelemahan jika kamera harus merekam objek yang sedang bergerak lebih cepat dari gerakan bergulirnya rana kamera itu sendiri. Karena bagian atas dari sebuah frame akan terekam lebih dulu meski selisihnya hanya sepersekian detik.

Akibatnya, pantulan bayangan burung terekam lebih dulu dengan posisi kepakan sayap terbuka ke atas, sedangkan burung yang sebenarnya baru terekam sepersekian detik setelah itu dengan posisi sayap yang sedang mengepak ke bawah. Jadilah satu burung yang sama namun memiliki dua posisi berbeda!

Efek rana bergulir, sekali lagi, adalah kelemahan dari cara kerja kamera. Namun pada kasus foto burung di atas, justru karena kelemahan itu maka foto yang dihasilkan menjadi unik dan memancing perhatian banyak orang. Rupanya tidak selamanya kelemahan itu merugikan. Ada saatnya ketika kelemahan justru menguntungkan.

Sebagai seorang manusia, kita juga tak boleh menyerah dengan kelemahan. Percayalah bahwa kelemahan itu Allah sandingkan pada diri kita agar dapat memberi keuntungan tersendiri apabila kita mampu mengelolanya. Maka muslim yang terbaik adalah ia yang pandai mengelola kelemahannya.

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ ضَعْفٍ ثُمَّ جَعَلَ مِنْ بَعْدِ ضَعْفٍ قُوَّةً

“Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat.”

(Surat Ar-Rum: 54)

Contohnya seseorang yang terlahir tanpa kedua tangan dan kedua kaki. Fisiknya benar-benar menunjukkan kelemahan dibanding orang lain. Namun ia berhasil mengelola kelemahan itu dengan berlatih public speaking setiap hari.

Ketika berbicara di depan umum, ia mampu meyakinkan orang lain untuk dapat mensyukuri nikmat kedua tangan dan kaki dengan melakukan hal yang terbaik. Dengan kelemahan dirinya, justru ia sukses menjadi motivator kelas dunia. Ia adalah Nick Vujicic.

“…Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri..”
QS. Ar- Rad Ayat 11

Jadi apakah kelemahan kita saat ini? Pikirkan bagaimana caranya kita mengelola kelemahan tersebut agar menjadi sebuah hal yang menguntungkan bagi kita. Ingat rolling shutter effect, memiliki kelemahan itu justru keren

Dengan artikel ini semoga dapat menambah pengetahuan kita dan bermanfaat untuk kita semua aamiin…

ARTIKEL LAINNYA

ikhlas

Bersedekah dan Ikhlas

Ikhlas bukanlah suatu perkara yang mudah. Begitu sulitnya bagi kita untuk mencapai level hati tersebut sehingga dapat dikatakan bahwa hampir tak ada manusia yang benar

Read More »
utsman bin affan

Mengenal Sosok Utsman Bin Affan

Utsman Bin Affan – Nabi Muhammad SAW adalah sosok manusia yang paling dicintai oleh seluruh umatnya namun tidak hanya dikalangan umatnya saja keluarga dan para sahabatnya

Read More »
Bodoh

BETAPA BODOHNYA KITA

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Sobat PAIS FOUNDATION yang dirahmati Allah SWT. Kita mengetahui bahwa Sholat Sunnah dua raka’at sebelum Subuh lebih mulia daripada dunia dan isinya.

Read More »
sedekah

SEDEKAH TAK HANYA SEKEDAR RUPIAH

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhSobat PAIS FOUNDATION yang dirahmati Allah SWT Sedekah tidak harus berupa ‎harta atau uang. Ada sedekah yang sangat mudah untuk kita lakukan, tanpa

Read More »